Potato Diet (aka Diet Kentang) Tiga Hari Kemudian

Setelah 3 hari diet kentang, saya memutuskan untuk berhenti. Memang, makan hanya 1 jenis makanan, meskipun itu makanan bernutrisi seperti kentang, bukan untuk jangka panjang. Rencana awal adalah antara 3 hari hingga 2 minggu. Tapi setelah 3 hari, saya memutuskan untuk melakukan evaluasi sebelum mulai dan melanjutkan untuk periode yang lebih lama.

So, setelah 3 hari, apa yang terjadi? Selama 3 hari makan kentang, poin-poin di bawah ini adalah hasil observasi saya

Jumlah Kentang yang Dibutuhkan per Hari Jauh Melebihi Estimasi Awal

Pada awal diet kentang, saya menyiapkan sekitar 2.5kg kentang yang diperkirakan cukup untuk 1 minggu. Semua kentang tersebut habis hanya dalam 3 hari. Bahkan, jumlah kentang tersebut mungkin hanya cukup untuk 2 hari, karena saya merasa agak lapar dan membutuhkan lebih banyak kentang per hari.

Suplemen Dengan Buah

Karena kendala di atas, yaitu kekurangan stok kentang, saya melakukan suplementasi makanan dengan buah. Untuk sarapan pagi, pisang menjadi buah andalan. Siang dan sore hari saya isi dengan kentang. Dan ketika agak lapar di malam hari, pilihan makanan jatuh pada buah pear atau apel.

Hidup Jadi Lebih Sederhana

Pernah bingung mau makan apa untuk makan siang atau makan malam? Karena hanya makan kentang, saya tidak perlu bingung menentukan pilihan makan siang atau makan malam. Pilihannya cuma 1: kentang. Terlebih lagi saya selalu membawa kentang untuk makan siang dan malam ke dalam tas kerja sehari-hari, sehingga ketika tiba waktu makan, saya tinggal buka kotak makan yang berisi kentang.

Wendy’s Adalah Restoran Terbaik

Saat ini spengetahuan saya cuma Wendy’s yang menyediakan kentang panggang. Tanpa minyak, tanpa tambahan condiments lainnya. Hanya kentang yang dipanggang. Hal ini menjadikan Wendy’s sebagai go to place saya ketika lapar dan kehabisan kentang.

Mengurangi Minyak dan Garam

Perlu diingat bahwa selama diet kentang, bukan kentang goreng yang menjadi staple food saya. Kentang yang akan dikonsumsi dimasak dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang tanpa minyak. Mungkin, efek terbesar yang saya rasakan selama diet kentang adalah tidak makan makanan berminyak. Dan ini membuat badan lebih segar

Turun 2 Kilo

Efek ekstra, gara-gara kekurangan kentang, dan menghilangkan minyak dari makanan adalah, berat badan saya turun 2 kg. Dari 3 hari yang lalu berat saya 84 kg menjadi 82 kg. Buat saya kenaikan atau penurunan berat badan 1-2 kg merupakan fluktuasi harian, dan saat ini hanya sebagai bonus.

Jadi, kesimpulan sementara setelah 3 hari diet kentang, yang perlu diperbaiki sepertinya hanya porsi. Setelah jeda 2-3 hari, mungkin saya akan coba kembali diet kentang ini, dengan persiapan yang lebih matang.

Edit 10 Juni 2018: Untuk selanjutnya cerita tentang diet kentang ini akan dilanjutnkan di website Sunsetmood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *