Volcano: Between Destruction, Hope and Beauty

Akhir pekan yang lalu Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali kembali meletus. Letusannya terlihat cukup serius dan menyebabkan Bandara Ngurah Rai Bali ditutup. Untungnya letusan tersebut berlangsung singkat, sehingga selang beberapa jam, Bandara Ngurah Rai sudah kembali dibuka.

Letusan gunung berapi memang terdengar dan terasa mengerikan. Mulai dari gempa bumi, abu vulkanis yang membuat sesak nafas, dan disusul dengan aliran lahar panas. Di sisi lain, letusan gunung berapi juga membawa berkah dan harapan. Gambar di atas adalah foto Gunung dan Danau Batur.

Dalam gambar tersebut, Danau Batur merupakan kawah yang tercipta dari letusan Gunung Batur kuno. Letusan yang terjadi begitu hebatnya sehingga Gunung Batur kuno pecah, dan lama kelamaan menjadi danau. Selang beberapa waktu kemudian, Gunung Batur muda pun muncul menjadi Gunung Batur yang sekarang.

Buat yang pernah ke Kintamani viewpoint, terlihat kalau daerah sekitar Gunung Batur saat ini hijau ditumbuhi vegetasi. Abu vulkanis mengandung unsur hara yang membuat tanah menjadi sangat subur. Dan itulah yang terjadi di sekitar Gunung Batur.

Semoga setelah letusan Gunung Agung kali ini berakhir, harapan dan berkah kembali ke daerah sekitar yang terkena efek letusan kemaren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *