Tentang Starwars: The Last Jedi

Coba banyangkan, seluruh film starwars dari Episode I: The Phantom Menace, hingga Episode VII: The Force Awakens, judulnya diganti jadi starwars: Legend of the Skywalkers. Rasanya cocok kan? Karena memang kalo dipikir2, cerita film starwars itu seputar kerumitan hubungan keluarga keluarga Skywalker.

Mungkin JJ Abram dan Disney menyadari hal itu. Dan di starwars Episode IX: The Last Jedi, mereka mencoba memulai cerita Starwars di luar keluarga Skywalker. Terus terang rasanya sudah cukup cerita keluarga Skywalker di film ini, sehingga saya berharap dugaan beberapa analis itu benar.

Kylo Ren sendiri dalam film The Last Jedi sudah beberapa kali menyebutkan: “Let the past die.” Pertama kali ketika dia menghancurkan topeng yang merupakan image dari Darth Vader. Kedua, saat Kylo selesai bertarung dengan Rey, sambil menambahkan: “The Empire, your parents, the Resistance, the Sith, the Jedi… let the past die. Kill it, if you have to. That’s the only way to become what you are meant to be.”

So, itulah yang terjadi. Hans Solo wafat di Episode VIII, Luke Skywalker, the last Jedi wafat di episode ini, dan secara tidak disengaja, Carrie Fisher, pemeran Leia Organa, meninggal dunia di tahun 2017. Bahkan, Admiral Ackbar, Kapten dari kapal utama Resistance juga wafat.

Lalu, apakah film Star Wars masih ada greget-nya setelah tidak ada Jedi, Sith, Resistance, dan keluarga Skywalker?

Mudah-mudahan, mengingat para pemain kunci yang baru sudah mulai terlihat. Cerita latar belakang Rey sudah mulai banyak. Dan sepertinya Poe Dameron juga gak akan kemana-mana. Lalu ada Rose, Finn, dan entah nama-nama lain yang akan muncul.

Jedi mungkin sudah usang dan tidak ada lagi. Demikian juga dengan musuh bebuyutannya, The Sith. Tapi, Force bukan hanya milik Jedi atau Sith. Force juga bukan milik keluarga Skywalker. Mace Windu, Yoda, Obi Wan Kenobi, dan para Jedi Master lainnya bukan dari keluarga Skywalker. Rasanya perang lightsaber akan masih ada, dan demikian pula dengan perang antariksa.

Yang lebih penting lagi supaya film Star Wars tetap menarik adalah alur cerita utama dari Episode IX dan seterusnya. Apakah masih First Order vs. Resistance? Lalu untuk tujuan apa? Galaxy conquest? Atau ada tujuan yang lebih besar lagi?

Mari kita tunggu di akhir tahun 2018. Until then, May the Force be with You.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *